Minat Berwirausaha


Definisi Minat

Minat merupakan rasa ketertarikan pada sesuatu.  Ketertarikan tersebut mengacu kepada objek yang tidak berwujud, hal tersebut tentu dapat menimbulkan dampak positif maupun negatif bagi pelaku sesuai dengan keadannya masing-masing. Secara sederhana, minat (interest) berarti kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu. Definisi lain dari minat juga dapat diartikan sebagai dimensi dari aspek afektif yang banyak berperan dalam kehidupan manusia. Aspek afektif yang dimaksud merupakan identifikasi dari dimensi perasaan dan kesadaran emosi, disposisi, dan kehendak pikiran dan tindakan seseorang. Dengan demikian, minat erat kaitannya dengan kepribadian seseorang.

Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi minat seseorang terhadap sesuatu. Crow and Crow mengemukakan berbagai faktor yang mempengaruhi minat adalah sebagai berikut.

a.    Faktor internal, merupakan faktor yang berhubungan dengan dorongan fisik, motif, mempertahankan diri dari berbagai perasaan. Jika individu merasa lapar, maka ini akan menimbulkan minat untuk mencari makan.

b.  Faktor motif sosial, merupakan faktor yang membangkitkan minat untuk melakukan aktivitas demi memenuhi kebutuhan sosial, seperti contoh kebutuhan photo shoot untuk memenuhi tugas pameran, dan sebagainya.

c.  Faktor emosional atau perasaan. Faktor tersebut dapat memacu minat individu apabila menghasilkan emosi atau perasaan senang.

Aspek afektif minat berkembang dari pengalaman pribadi yang berasal dari sikap orang lain yang dianggap penting seperti orang tua, guru, dan teman sebaya bahkan lingkungan.

Baca Juga : Membangun Peradaban Digital


Pengertian Wirausaha


Wirausaha merupakan kegiatan membuka usaha dengan kemampuan yang dimiliki. Secara sederhana arti wirausahawan (entrepreneur) adalah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan. Berdasarkan pengertian tersebut dapat diketahui bahwa wirausaha merupakan suatu tindakan untuk membuka usaha, sedangkan wirausahawan adalah subjek yang melakukannya.

Menurut Suryana dalam bukunya Kewirausahaan Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses (2010), kewirausahaan adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat, dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses. Adapun inti dari kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda melalui berpikir kreatif dan bertindak inovatif untuk menciptakan peluang. Kegiatan wirausahawan yang melakukan wirausaha sangat didasari oleh adanya pengetahuan kewirausahaan yang dimiliki. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi dan pengelolaan dalam usaha agar mampu mencapai tujuan yang diinginkan.  


Baca Juga : The Next Facebook adalah Meta


Minat berwirausaha 

Minat berwirausaha adalah rasa tertarik untuk menciptakan suatu usaha dengan kemampuan yang dimiliki dan berani mengambil resiko. Minat berwirausaha timbul karena adanya keinginan, perasaan senang, perhatian, lingkungan, dan pengalaman. Sedangkan Santoso dalam bukunya Kompetensi dan Kepercayaan Diri Remaja (2009) mengemukakan bahwa minat berwirausaha adalah keinginan, ketertarikan serta kesediaan untuk bekerja keras atau berkemauaan keras untuk berdikari atau berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa merasa takut dengan resiko yang akan terjadi, serta senantiasa belajar dari kegagalan yang dialami.

Berdasarkan beberapa definisi di atas, dapat diketahui bahwa minat wirausaha merupakan keinginan, ketertarikan, dan kesediaan untuk bekerja keras atau untuk berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa merasa takut akan resiko yang akan dihadapi, senantiasa belajar dari kegagalan yang dialami, serta mengembangkan usaha yang diciptakannya. Minat wirausaha tersebut tidak hanya keinginan dari dalam diri saja tetapi harus melihat ke depan dalam potensi mendirikan usaha.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha yaitu sebagai berikut.

a.    Kemauan

b.    Ketertarikan

c.    Lingkungan keluarga

d.   Lingkungan sekolah


Baca Juga : Manfaat Buah Tin dan Buah Zaitun

Berdasarkan pendapat tersebut secara garis besar minat berwirausaha dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal dari pribadi yang bersangkutan. 

Untuk mengetahui minat berwirausaha, ada beberapa indikator yang bisa digunakan, antara lain nilai prestis sosial, tantangan pribadi, menjadi bos, inovasi, fleksibilitas, serta orientasi keuntungan.


 











The Next Facebook adalah Meta

 


Akhir Oktober 2021, CEO Facebook, Mark Zuckerberg telah meluncurkan Meta, yaitu sebuah perusahaan "titan" teknologi yang mempunyai bidang usaha terkait dengan memfasilitasi interaksi sosial. Menurut Zuckerberg, konsep Meta akan berbeda bukan sekedar seperti aplikasi media sosial yang telah dimiliki sebelumnya.

Facebook, Instagram, Whatsapp, dan lainya merupakan nama-nama media sosial mentereng yang berbasis layar display. Sedangkan Meta akan terasa seperti campuran dari pengalaman sosial online yang terjadi saat ini, diperluas menjadi interaksi dalam bentuk 3D atau diproyeksikan seakan-akan seperti interaksi sosial di dunia nyata.

Metaverse akan menyatukan aplikasi dan teknologi yang dimiliki Facebook dibawah satu merek perusahaan baru. “Fokus Meta adalah menghidupkan metaverse dan membantu orang terhubung, menemukan komunitas, dan mengembangkan bisnis”, kata Zuckerberg. Meta adalah evolusi berikutnya dari perjalanan panjang ke depan tentang teknologi sosial dan mengantarkan babak baru bagi Facebook atau bagi Meta itu sendiri.

Baca Juga : Membangun Peradaban Digital

Pada konferensi tahunan Connect yang telah diadakan sebelumnya, pihak Facebook telah mengundang beberapa pihak terkait, seperti pengembang Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), pembuat konten, pengiklan, dan lainnya untuk merayakan momentum dan pertumbuhan industri teknologi. Acara ini bertujuan untuk mengeksplorasi seperti apa pengalaman selama 10 tahun kedepan yang akan terjadi di Metaverse. Mulai dari bidang koneksi sosial, hiburan, game, kebugaran tubuh, pekerjaan, pendidikan, dan perdagangan.

Jika melongok jauh ke belakang, ketika Facebook baru diluncurkan pada tahun 2004, hal itu memperlihatkan bagaimana mengubah cara orang terhubung. Aplikasi seperti Messenger, Instagram, dan WhatsApp semakin memberdayakan miliaran orang di seluruh dunia. Sekarang, Meta akan bergerak melampaui layar 2D menuju pengalaman imersif yang masyarakat belum bisa membayangkan sebelumnya.


Referensi : about.fb.com